Pengukuran Kecepatan dan Arah Angin di Pesisir Banda Aceh

Kategori: Artikel Litbang 2020 Dibuat: Rabu, 12 Februari 2020 Diterbitkan: Rabu, 12 Februari 2020 Ditulis oleh Koko Ondara
 Angin Aceh April 2019 Angin Aceh Juni September 2019
April 2019   Juni –September 2019
   
 Lokasi Pemasangan AWS Aceh  Proses Pemasangan AWS Aceh
 Lokasi Pemasangan AWS  Proses Pemasangan AWS

 

Pada riset sampah pesisir di Banda Aceh tahun 2019, tim riset juga melakukan pengukuran kecepatan dan arah angin di pesisir Banda Aceh. Pengukuran kecepatan dan arah angin di pesisir Banda Aceh dilakukan untuk mengetahui arah angin dominan karena angin permukaan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi arah gelombang perairan. Berikut grafik hasil pengukuran nilai dan arah mata angin di pesisir Kota Banda Aceh:

Hasil pengukuran menunjukkan arah angin yang berbeda pada bulan April dan Juni-September. Pada bulan April, arah angin dominan ke arah Barat laut, sedangkan pada bulan Juni-September 2019 ke arah Timur Laut. Data yang didapatkan selama bulan April adalah bahwa kecepatan angin berkisar antara 0 m/s – 6,4 m/s. Dari grafik wind rose (Gambar 1), terlihat bahwa angin dominan menuju arah Barat Daya dengan kecepatan dominan ke arah tersebut berkisar 0-2 m/s. Dari pengukuran bulan Juni hingga September 2019, diperoleh data kecepatan angin berkisar dari 0 m/s hingga 9,1 m/s. Dari Gambar 1, terlihat bahwa arah angin dominan ke arah Timur laut dengan kecepatan dominan ke arah tersebut berkisar 2-4 m/s.

Pin It
Dilihat: 2066