Jurnal "Numerical Hydrodynamic Wave Modelling Using Spatial Discretization in Brebes Waters, Central Java, Indonesia"

Kategori: Artikel Litbang 2020 Dibuat: Rabu, 27 Mei 2020 Diterbitkan: Rabu, 27 Mei 2020 Ditulis oleh Koko Ondara

das

 

Pada tahun 2016, Loka Riset Sumber Daya dan Kerentanan Pesisir (LRSDKP), telah melakukan kajian terhadap fenomena Bono di Sungai Kampar, Riau dikoordinatori oleh Peneliti Koko Ondara. Kajian tersebut dilakukan dengan bantuan Pusat Riset Kelautan, Dinas KP Kab. Demak, dan Universitas Diponegoro. Dari hasil penelitian tersebut akhirnya salah satu artikel ilmiah dinyatakan lolos dan di terbitkan dalam International Journal of Advanced Science, Engineering, and Information Technology (IJASEIT) pada tahun 2018. Adapun Judul Artikel pada jurnal yang terindeks SCOPUS Q2 tersebut adalah: “Numerical Hydrodynamic Wave Modelling Using Spatial Discretization in Brebes Waters, Central Java, Indonesia ”. Kontributor utamanya adalah Koko Ondara yang didukung oleh peneliti LRSDKP yang lainnya seperti Wisnu Arya Gemilang, Guntur Adhi Rahmawan, Ulung Jantama Wisha, dan Ruzana Dhiauddin.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola hidro-oseanografi dan morfologi dasar laut di wilayah pesisir. Hasil penelitian menunjukkan perairan Brebes termasuk dalam kategori perairan dangkal dengan topografi lereng, sedangkan tipe pasang surut adalah pasang surut semidiurnal yang berlaku. Gelombang dihasilkan di Brebes Utara kemudian dipindahkan ke daratan sampai berubah bentuk, meninggalkan energi dalam bentuk arus sejajar pantai yang masuk ke daerah di sekitar punggung pantai. Perbedaan waktu antara pasang dan surut dipengaruhi oleh massa pasokan air muara dari laut maupun massa air dari hulu ke hilir. Tingginya tingkat kerentanan di wilayah pesisir menuntut semakin efektif dan efisien perlindungan pantai untuk mencegah dampak negatif pada kondisi fisik dan sosial.

*Jurnal dapat di unduh pada link berikut : https://www.lrsdkp.brsdm.kkp.go.id/preview-download/paper?download=58:koko-ondara1-guntur-adhi-rahmawan2-wisnu-arya-gemilang3-ulung-jantama-wisha4-ruzana-dhiauddin5-numerical-hydrodynamic-wave-modelling-using-spatial-discretization-in-brebes-waters-central-java-indonesia&start=20

Pin It
Dilihat: 574