Jurnal "Coastline alteration rate of Weh Island, Aceh Province, Indonesia"

Kategori: Artikel Litbang 2020 Dibuat: Rabu, 03 Jun 2020 Diterbitkan: Rabu, 03 Jun 2020 Ditulis oleh Ruzana Dhiauddin

gsf

Pada tahun 2017, Loka Riset Sumber Daya dan Kerentanan Pesisir (LRSDKP), telah melakukan kajian terhadap sumber daya dan kerentanan pesisir di Pulau Weh dikoordinatori oleh Peneliti Nia Naelul Hasanah Ridwan. Kajian tersebut dilakukan dengan bantuan Pusat Riset Kelautan, Dinas KP Kota Sabang, dan Universitas Syiah Kuala. Dari hasil penelitian tersebut akhirnya salah satu artikel ilmiah dinyatakan lolos dan di terbitkan dalam IOP Conference Series: Earth and Environemntal Science pada Bulan Desember 2018. Adapun Judul Artikel pada prosiding yang terindeks SCOPUS Q3 tersebut adalah: “Coastline Alteration Rate of Weh SIland, Aceh Province, Indonesia”. Kontributor utamanya adalah Ruzana Dhiauddin dan Wisnu Arya Gemilang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perubahan garis pantai Pulau Weh dengan memetakannya melalui citra satelit Landsat-7 ETM+ tahun 2002 dan 2009, Landsat-8 OLI TIRS tahun 2015 dan menghitung melalui DSAS (Digital Shoreline Analysis System). Setiap periode mengalami tingkat perubahan pantai yang berbeda, yang erosi parah memiliki nilai terbesar (-70,83 m/tahun) dari semua peristiwa pada periode 2002 - 2009 dan pertambahan 26,85 m/tahun pada periode 2009-2015. Fenomena ini diasumsikan terkait dengan peristiwa tsunami, yang terjadi di antaranya periode pertama tempat-tempat tertentu perhatikan memiliki tingkat erosi yang tinggi. Di sisi lain, di detik Pulau Weh mengalami pertambahan di banyak daerah wisata populer, seperti Sabang dan Pelabuhan Balohan, Pantai Jaboi, Gua Sarang, Monumen 0 Kilometer, Pantai Iboih dan Gapang. Hasil awal ini adalah salah satu aspek penting untuk menilai kerentanan pantai di wilayah studi. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memahami penyebab pasti perubahan pesisir oleh menganalisis faktor terkait; gelombang, pasang surut, arus, angin, geomorfologi, dll.

*Jurnal dapat di unduh pada link berikut : https://www.lrsdkp.brsdm.kkp.go.id/preview-download/paper?download=59:r-dhiauddin1-and-w-a-gemilang2-coastline-alteration-rate-of-weh-island-aceh-province-indonesia

Pin It
Dilihat: 633