Progress Kegiatan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Magang ITB, UNRI, UNSRI

Kategori: Berita 2019 Diterbitkan: Senin, 01 Juli 2019 Ditulis oleh Prima Saputra

sy1

Pada hari Senin tanggal 01 Juli 2019, LRSDKP mengadakan kegiatan pemaparan Progress Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Magang ITB, UNRI dan UNSRI pada pukul 14.00 WIB bertempat di ruang rapat lantai 3 gedung LRSDKP. Kegiatan ini dihadiri Kepala Sub Seksi Pelayanan Teknis LRSDKP, para peneliti LRSDKP, para staf pelayanan teknis LRSDKP dan para mahasiswa magang dari ITB, UNRI dan UNSRI. 

Acara dibuka oleh Bapak Yunianto, S.S selaku Kepala Sub Seksi PT LRSDKP kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Ilham Syahalam tentang progress kegiatan praktik kerja lapangannya mengenai Pemodelan Arus dan Klorofil yang telah dikerjakannya selama dua minggu. Sesi dilanjutkan dengan tanya jawab antara peneliti dan pemateri. Beberapa hal yang ditanyakan diataranya mengenai kenapa melakukan digitasi pantai tahun 2014 dan 2019.

Sesi berikutnya adakah pemaparan dari mahasiswa magang Wisnu Waskitho Putra mengenai pemodelan wilayah pesisir pantai Banda Aceh menggunakan Mike21. Pemodelan yang dilakukan adalah pemodelan pola arus, gelombang dan mekanisme transport sedimen. Sesi dianjutkan dengan tanya jawab antara peneliti dan pemateri. Salah satu hal yang ditanyakan adalah parameter yang digunakan dalam pemodelan gelombang.

Sesi selanjutnya adalah presentasi dari mahasiswa magang Miftah Farhan Muhammad tentang perubahan garis pantai Banda Aceh menggunakan CDAS. Dalam laporannya Miftah melakukan digitasi garis pantai, penyesuaian grid dan handcasting. Sesi dilanjutkan dengan tanya jawab dimana peneliti menanyakan mengenai kenapa harus menggunakan software CDAS.

Beberapa saran dari peneliti dan pembimbing diantaranya diharapkan para mahasiswa dapat mempercepat proses kegiatan mereka dikarenakan waktu magang yang singkat. Kegiatan presentasi ini dilanjutkan esok hari dikarenakan masih ada tiga mahasiswa lagi yang belum melakukan presentasi.

Pin It
Dilihat: 1597