Progress Kegiatan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Magang ITB, UNRI, UNSRI (Lanjutan)

Kategori: Berita 2019 Diterbitkan: Selasa, 02 Juli 2019 Ditulis oleh Prima Saputra

yog1

Pada hari Selasa tanggal 02 Juli 2019 dilaksanakan lanjutan presentasi Progress Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Magang ITB, UNRI, UNSRI dimana tiga mahasiswa magang yang belum melakukan presentasi. Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dibuka oleh Kepala Pelayanan Teknis Bapak Yunianto S. S. 

Baca juga : Progress Kegiatan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Magang ITB, UNRI, UNSRI

Pemaparan pertama dibawakan oleh mahasiswa magang Rifky Jati Pamungkas mengenai pemodelan perubahan garis pantai perairan kota Painan. Dalam pemodelannya saudara Rifky menggunakan Global Mapper, ArcGIS, Nao Tide, Microsoft Excel dan MIKE21. Input permodelannya menggunakan data garis pantai tahun 2015, data pasang surut, data angin dan data batimetri. Setelah pemaparan dilaksanakan sesi tanya jawab dengan peneliti dimana salah satu hal yang penting yang ditanyakan adalah kesesuaian judul dengan hal yang dimodelkan.

Pemaparan berikutnya dibawakan oleh mahasiswa magang Yoga mengenai pemetaan kerentanan pesisir di Kabupaten Pesisir Selatan menggunakan metode smartline. Parameter yang digunakan adalah material penyusun pantai, geomorfologi, DEM (m), paparan terhadap gelombang, teori gelombang, fitur berm, ukuran butir, range pasang surut, ketinggian berm, fitur beachface dan perubahan garis pantai. Ada 178 titik yang didapakan dengan jarak 700-800 m. Pada sesi tanya jawab peneliti menanyakan mengenai ada daerah yang terpotong dan tidak dimasukan ke pengolahan.
Berikutnya pada sesi pemaparan terakhir oleh mahasiswa magang Fauzi Ramadhan mengenai Analisis kerentanan pesisir di Kabupaten Padang Pariaman menggunakan metode smartline. Parameter yang digunakan diantaranya DEM, pasang surut dan perubahan garis pantai. Hasil pengamatan ada yang di Batang Anai yang tidak bisa di ambil karena ada tambak udang. Pada sesi tanya jawab peneliti menanyakan satuan pengukuran lop yang dalam bentuk derajat dan tahun penggunaan data garis pantai.
Para peneliti dan pembimbing berharap para mahasiswa magang bisa secepatnya menyelesaikan laporan sebelum deadline jadwal selesai magang mereka selesai.

Pin It
Dilihat: 1670