Menteri KKP Bapak Sakti Wahyu Trenggono Berkunjung ke Kantor Loka Riset Sumber Daya dan Kerentanan Pesisir

Kategori: Berita 2021 Diterbitkan: Rabu, 02 Jun 2021 Ditulis oleh Prima Saputra

IMG 20210602 133002 637

 

Hari ini Menteri Kelautan dan Perikanan Bapak Sakti Wahyu Trenggono melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat. Dalam lawatan hari pertama ini beliau berkunjung ke Kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus. Dalam agenda kunjungan ke kawasan PPS Bungus beliau menyempatkan untuk berkunjung ke kantor Loka Riset Sumber Daya dan Kerentanan Pesisir (LRSDKP).

Kepala LRSDKP Ibu Nia Naelul Hasanah Ridwan memberikan paparan terkait riset-riset yang telah dilakukan LRSDKP yang salah satunya mengangkat isu kawasan mandeh yang memiliki postensi arkeologi maritim seperti adanya situs kapal tenggelam MV. Boeloengan Nederland dan keindahan alam nya yang bisa disandingkan dengan daerah Raja Ampat di Papua.

Bapak Sakti Wahyu Trenggono memberikan beberapa masukan terkait kegiatan riset di LRSDKP. Beberapa poin diantara agar dapat menghasilkan rekomendasi yang mengarah ke peningkatan dan perbaikan ekonomi lingkungan sekitar pesisir dan laut. Bukan hanya bermuatan edukasi, hasil riset yang dihasilkan diharapkan dapat memberikan jalan untuk menghasilkan kebijakan ke potensi peningkatan ekonomi warga sekitar pesisir seperti nelayan dan lainnya. 

Mandeh sebagai contoh hasil riset yang memiliki nilai sejarah serta ke-elokan dan kecantikan alamnya telah mengubah kawasan yang dulu sepi menjadi destinasi lokasi penyelaman bagi para wisatawan asing dan lokal juga menjadi lokasi rekreasi pariwisata pantai bagi wisatawan yang ingin melihat dan menikmati wisata di pantai serta pulau-pulau kecil yang ada di sekitar kawasan Mandeh.

Setelah melihat hasil riset yang ada di LRSDKP, Bapak Sakti Wahyu Trenggono melanjutkan kegiatan dengan konferensi pers bersama rekan-rekan media baik lokal maupun nasional.

Dilihat: 1029