Peringatan Hari Laut Sedunia (8 Juni) dan The Coral Triangle Day (9 Juni) “ Lindungi Laut Dari Plastik”

Kategori: Berita 2017 Diterbitkan: Kamis, 22 Jun 2017 Ditulis oleh Yunianto

Lauta

Hari laut sedunia adalah hari peringatan untuk menghargai laut-laut di dunia karena laut telah menyediakan segalanya untuk umat manusia. Laut telah menjadi penyedia makanan, penyedia sarana transportasi untuk menghubungkan pulau-pulau di Indonesia dan juga sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Peringatan ini juga untuk menggugah kesadaran masyarakat mengenai arti pentingnya laut untuk kelangsungan seluruh umat manusia.

Polusi secara global dan ekploitasi ikan yang berlebihan kedepannya akan berdampak besar mengancam keberlangsungan hidup umat manusia. Sebagai wujud nyata sumbangsih Loka Riset Sumber Daya dan Kerentanan Pesisir (LRSDKP) melaksanakan kegiatan  aksi bersih plastik di lingkungan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus. Tiga orang mahasiswa magang dari Institu Teknologi Bandung (ITB) dan beberapa orang pegawai PPS Bungus dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Bungus juga turut bergabung dalam acara ini.

Lautb

Aksi bersih sampah plastik ini dimulai dari halaman kantor LRSDKP sampai ke Bangkel Kapal PPS Bungus. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih satu jam mulai pukul 17.00 WIB sampai 18.00 WIB. Pada pukul 18.00 WIB para peserta aksi kembali berkumpul di halaman LRSDKP untuk  mengumpulkan hasil sampah yang mereka pungut. Setelah semua sampah-sampah plastik tersebut terkumpul kemudian ditimbang untuk mengetahui jumlah sampah yang berhasil diperoleh. Hasil penimbangan sampah diperoleh angka 217, 3 kg dari 54 kantong sampah. Aksi bersih sampah plastik ini diakhiri dengan buka bersama seluruh peserta.

Pin It
Dilihat: 1648