Kegiatan Survei Awal Kondisi Kesehatan Lingkungan Perairan Selat Rupat, Kab. Bengkalis-Riau

Kategori: Artikel Litbang 2020 Dibuat: Kamis, 03 Desember 2020 Diterbitkan: Kamis, 03 Desember 2020 Ditulis oleh Koko Ondara

Rupatsur1

Survei awal ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi perairan di Perairan Pulau Rupat, identifikasi sampah, pengambilan alat pengukur pasang surut, pengambilan alat pengukur cuaca dan kordinasi narasumber. Kegiatan survei tersebut melibatkan 8 orang dari KKP, 8 tenaga lapangan yang berasal dari TNI, nelayan dan masyarakat setempat. Riset ini juga melibatkan mahasiswa 4 orang dan 1 orang dosen dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau.

Selain kegiatan tersebut terdapat juga kegiatan survei pengambilan foto citra udara menggunakan drone yang dilakukan di Tanjung Medang dan Pantai Beting Aceh. Pemasangan AWS dan Tide Master dilakukan di dalam area dermaga POM AL TNI di Tanjung Medang. 

rupatsur2

rupatsur3

rupatsur4

rupatsur5

rupatsur6

Secara keseluruhan survei ini sesuai dengan tujuan awal dengan beberapa hambatan kecil dilapangan dan dapat diatasi. Diharapkan dari data awal ini bisa diperoleh gambaran awal megenenai kondisi sampah dan kondisi lingkungan perairan Selat Rupat.

Pin It
Dilihat: 634