Kepala LRSDKP Menjadi Narasumber Di Kegiatan Edukasi Trip di Ujung Kulon

Kategori: Berita 2018 Diterbitkan: Rabu, 04 Juli 2018 Ditulis oleh Nia Naelul Hasanah

ukon

Pada hari Senin tanggal 29 Juni 2018 kepala LRSDKP Ibu Nia Naelul Hasanah Ridwan,S.S. M. Soc. Sc menghadiri kegiatan edukasi trip yang diadakan oleh komunitas Home Schooling Omah Sindo. Beliau bertindak sebagai narasumber dan memberikan beberapa materi diantaranya sejarah kepulauan Indonesia, sejarah maritim, ekosistem laut dan sejarah pertempuran di laut The Battle of Sunda Strait yang terjadi pada tanggal 28 Februari 1942 – 1 Maret 1942 di teluk Banten antara armada laut kekaisaran Jepang dengan kapal perang USS Houston dan HMAS Perth dari pasukan sekutu. Kapal HMAS Perth dan USS Houston akhirnya tenggelam di Teluk Banten beserta kapal Jepang. Edu Trip ini diikuti oleh 36 anak-anak Home Schooling dari umur dua tahun hingga 13 tahun beserta para orang tua, pengurus Komunitas Omah Sindo dan Tourist Operator dari Kampung Nelayan Sumur, Ujung Kulon. Total peserta adalah 50 orang.

Taman Nasional Ujung Kulon dipilih sebegai lokasi Edu Trip karena merupakan World Heritage Site yang pertama di Indonesia yang memberikan pengetahuan cukup komprehensif tentang ekosistem di darat berupa cagar alam Tropical Rainforest dan ekosistem laut di perairan Pulau Panaitan, Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang.

Kegiatan Edu Trip ini meliputi kunjungan ke Tanjung Layar, Pulau Peucang, Pulau Handeulem dan Pulau Badul. Tracking di Tanjung Layar untuk melihat peninggalan-peninggalan kolonial Belanda, bangunan-bangunan mercusuar dan lokasi cagar alam. Tracking ke padang savanna Cidaon untuk melihat satwa-satwa seperti banteng, burung merak, rusa dan lain-lain. Dan juga ada kegiatan berenang dan snorkeling untuk mengeksplorasi keanekaragaman hayati di laut. Kepala Pelayanan Teknis LRSDKP Yunianto. S. S ikut melakukan pendampingan pada kegiatan snorkeling.

Pin It
Dilihat: 1363