LRSDKP Menghadiri Bakti Pantai dalam rangka Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan serta Pekan Layanan Publik Tahun 2019

Kategori: Berita 2019 Diterbitkan: Sabtu, 06 Juli 2019 Ditulis oleh Prima Saputra

riset bungus 66199108 188835195442767 6343768661638937837 n

Pada hari Sabtu, tanggal 6 Juli 2019 LRSDKP menghadiri kegiatan Bakti Pantai dalam rangka Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan serta Pekan Layanan Publik Tahun 2019 yang diadakan oleh SKPIM Padang di Pantai Pasir Jambak. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh satker KKP se Sumatera Barat dan Komunitas Konservasi Penyu dan di Pasir Jambak.


Acara dibuka Oleh Kepala SKIPM Padang Bapak Rudi Barmara yang dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Pusat Standarisasi Sistem dan Kepatuhan BKIPM RI Bapak Teguh Samudro. Kegiatan diawali dengan pemaparan teknis acara oleh Bapak Yose selaku Ketua Konservasi Penyu Pasir jambak. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya penaman cemara laut, bersih-bersih pantai dari sampah dan pelepasan tukik sebagai acara puncak.
Kegiatan dimulai dengan membersihkan sampah-sampah yang ada pantai pasir jambak. Semua beserta dibagi dua tim yang menyisir ke arah utara dan selatan sepanjang pantai pasir jambak. Bberapa sampah yang dominan adalah sampah kayu dan plastik. Selesai acara bersih-bersih pantai kegiatan dilanjutkan dengan penanaman cemara laut. Beberapa bibit cemara laut ditanam di sepanjang pantai pasir jambak. Diharapkan dengan bertambahnya jumlah cemara laut di pantai pasir jambak dapat memperindah sekaligus menjadi pelindung bagi pantai pasir jambak. Selepas penanaman bibit cemara laut kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan tukik ke laut. Diharapkan dengan melepas tukik kembali ke laut dapat kembali menambah populasi penyu di laut yang nantinya setelah dewasa tukik tersebut akan kembali ke pantai tempat mereka dilepaskan untuk bertelur.

Pin It
Dilihat: 1959